WHO2005

Baku Rujukan WHO 2005

Video Pembuatan Download 54 MB

Situs WHO

Antropometri | Konsumsi | Klinis | Biokimia | Bio Fisik | Ekologi SV | IPRS | WHO2005

Baku RUjukan adalah tabel yang berisi daftar normatif sebagai pembanding dalam menilai status gizi. Baku Rujukan dibuat dengan aturan2 yang ketat yang harus mewakili penduduk yang sehat yang mencapai pola pertumbuhan yang optimal. Idelanya baku rujukan disesuaikan dengan pola pertumbuhan ras yang bersangkutan. Akan tetapi untuk kebutuhan [erbandingan, WH menganjurkan satu BAku RUjukan untuk dipakai pada semua negara. Agar dapat dibandingkan prevalesni status gizi, untuk mengevaluasi kemajuan suatu negara, maka data harus dkumpulkan dengan metode yang sama dan menggunakan Baku Rujuka yang sama.

Baku Rujukn deluarkan oleh badan resmi yang mengurusi masalah kesehatan dan gizi. Untuk level dunia, tentunya WHO dan pada level negara adalah Kementrian Kesehatan negara yang bersangkutan (Indonesia : Depkes).

Sepanjang sejarah baru 2 Baku Rujukan yang dipakai secara international yaitu Baku RUjukan Harvard dan Baku RUjukan WHO-NCHS. Baku Rujukan Harvard dipublikasi tahun 1966 oleh Derrict B. Jelliffe dalam bukunya “The Assessment of Nutritional Status of Community”. Baku RUjukan The Turner Refference Population hanya dipakai di Amerika dan Canada. Baku Rujukan kedua yang sangat terkenal itu adalah Baku Rujukan WHO-NCHS (WHO, Nationa Center for Health Statistics) yang dipubikasi tahun 1983 di dalam majalah suplemen WHO ” Measuring Change of Nutritional Status”.

Baku RUjukan ini disusun oleh NCHS (Badan Riset Kesehatan Amerika, di bawah CDC = center for decease control), kemudian diadopsi oleh WHO, maka jadilah Baku RUjukan WHO-NCHS.

Indonesia baru akan menerapkan Baku RUjukan ini pada tahun 1990 dengan digelarnyaLokakarya Nasional Antropometri di Ciloto. Lokakarya merekomendasikan 10 point, diantaranya adlah : Gunakan Baku Rujukan WHO-NCHS dan cara menilai status gizi dengan menggunakan kaida ZScore (simpangan baku (sebelumnya menggunakan persen terhadap median).

Sepuluh tahun kemudian (tahun 2000), dievaluasi, ternyata baku rujukan ini jalannya terseok-seok, terutama berkaitan dengan cut off status gizi dan penggunaan istiah yang sama untuk setiap indeks (BB/U, TB/U dan BB/TB)

Hasil temu pakar Gizi tahun 2000 merekomendasi perubahan cut off status gizi dan memberikan istilah berbeda untuk setiap indeks status gizi BB/U terdiri dari 4 kategori, TB/U 2 kategori dan BB/TB 4 kategori dengan pengistilahan yang berbeda-beda

Belum lagi tuntas penerapan WHO-NCHS, pada bulan Mei 2007 WHO mpublikasi lagi Baku RUjukan baru yang buatan WHO sendiri. Penelitian longitudinal dilakukan di 5 negara yang tersebar di 4 Benua. Amerika, Asia, Eropah dan Asia. Baku Rujukan baru ini (kata WHO) adalah untuk memperbaiki Baku RUjukan WHO-NCHS yang memiliki kelemahan. Sampai sekarang berarti selama 25 tahun Indonesia menerapkan WHO-NCHS, dan akankah berproses selama itu lagi ??? wait and see

Baku Rujukan baru yang diberi nama Baku RUjukan WHO2005 memag lebih lengkap

1. Indeks : BB/U, TB/U,BB/RB, Lingkar Lengan, Leingkar Kepala, Temal Lemak otot Trisep, dan Skinfold
2. Tingkat perkembangan motorik : motor milestone
3. Software Pengolah data antropometri (Anthropometric Calculator
4. Diengkapi dengan dokumen2 riset MGRS (MultiGrowth Refference Study), annual report dan videopelaksanaan penelitian, serta dokumen hasilanalisis perbandingan baku rujukan baru dengan baku rujukan yang pernah ada sebelumnya yaitu : WHO-NCHS dan CC 2000.

Penelitian dilakukan secara longitudinal dan cross sectional di 5 negara lokasi.

Di bawah ini disediakan dokumen dan software yang dimaksud yang didownload dari situs resmi WHO :

1. Software ANTRHO2005 Download
2. Artikel MGRS, perbandingan antar Baku Rujukan Downoad
3. Modul-modul Riet MGRS di 5 negara Download
4. Motor Milestone, perkembangan motorik anak, Download
5. Simplified Tables, tabel yang akan digunakan oleh Praktisi Gizi di lapangan seperti Kader Posyandu, daln lain-lain Downlod
6. TabelLengkap menilai status gizi yang akan digunakan oleh Para Peneliti dan Mahasiswa Download
7. Technical Report. Laporan Lengkap hasil penelitian WHO dalam membangun Baku Rujukan WHO2005 Download
8. Trning : Modul trining dalam penerapan Baku Rujukan WHO2005 yang baru Download
9. Video pelaksanaan Penelitian yang dilakuka oleh MGRS di 5 negara lokasi penelitian Download
10. WHO Technical Report Series Part 1 Download
11. Baku Rujukan Remaja Download

Downloadlah semua makalah dan software ini sebagai refferensi dalam memahami penerapan Baku RUjukan baru ke depan. Selama (mungkin) 25 tahun ke depan bahkan mungkin tanpa batas, referensi ini akan tetap dikaia sepanjang belum ada perubahan baku rujukan berikutnya.

Secara umum dilihat memang inilah Baku Rujukan terlengkap sepanjang zaman. Pembaca dapat mengetahui persia apa dan bagaimana baku rujukan yang baru ini dibuat dan digunakan. Penguna di seluruh dunia tidak hanya disuguhi dengan hasi jadi sebuah Baku Rujukan,akan tetapi bagaimana cara membangun dan cara menggunakan baku rujukan ini disajikan secara transparant.

Hal yang baru sama sekali adalah otor milestone yang ke depan dapat digunakan untuk menilai perkembangan motorik anak. Disamping itu indeks lain seperti skinfold dan lingkaran lengan belum pernah ada baku rujukannya yang diberlakukan secara internasional. Pada techncal report serias part1 memang baru dsajikan baku rujukan untuk BALITA, sementara itu akan menysul Baku RUjukan untuk Remaja, Dewasa dan Ibu Hamil. Saat ini penelitian untu baku rujukan lainnya tersebut sedang berlangsung. Silahkan monitor perkembangan yang erjadi di website : http://www.who.int/childgrowth/en/ pada kategori publication dan childgrowth

Pengembangan Bku Rujukan untuk Anak Sekolah dan Remaja dapat Anda lihat disini : http://www.who.int/growthref/growthref_who_bull/en/index.html Dokumen yang sudah tersedia saat ini silahkan download disini sekarang

Baku Rujukan Antropometri untuk Remaja (5-10 tahun dan 5-19 tahun) untuk BB/U, TB/U dan Body Mass Index / IMT) dapat anda download disini DOWNLOAD

Ingin mempelajari bagaimana Baku Rujukan baru, WHO2005 disusun dengan mengambil lokasi di 5 negara dengan enelitian longitudinal dan cross sectional silahkan download videonya yang diambil dari situs resmi WHO.

Download 54 MB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: